Rabu, 06 November 2019

Penerapan Internet Of Things Dan Teknologi Internet Of Things


PENERAPAN INTERNET OF THINGS
Menurut beberapa penilitian Internet of Things sudah banyak diterapkan di beberapa bidang  ke ilmuan dan industri, seperti dalam bidang ilmu kesehatan,  informatika, geografis dan beberapa bidang ilmu lain.
Berikut beberapa penelitian yang sudah dilakukan  Melakukan riset tentang monitoring kesehatan pasien menggunakan wireless sensor yang dipasangkan pada tubuh pasien, beberapa hal yang dipantau adalah psikologi pasien, tekanan darah,detak jantung semua kegiatan tersebut dilakukan secara remote melalu peralatan yang terhubung ke internet dengan tetap memperhatikan kerahasiaan data pasien.
Masih dalam bidang medis, penerapan Internet of Things juga dilakukan pada aktifitas konsultasi pasien, menggunakan  jaringan WLAN dan internet sehingga memungkinkan terjadinya konsultasi antara pasien dan dokter secara remote


 Perkembangan pada teknologi mobile juga ikut member sumbangsih kepada perkembangan Internet of Things yaitu dilakukannya penelitian tentang privasi di bidang pengamatan wilayah, mendeteksi lokasi berdasarkan Location Based Service sehingga seseorang bisa merasa nyaman menggunakan perangkat mobile tanpa harus terganggu privasi pribadi 
Isu Cloud Computing juga menjadi bahan penelitian Internetof Things dengan menggabungkan teknologi cloud computing dan Internet of  Things yang disebut dengan CloudThings
Model  komunikasi bertujuan mendefinisikan paradigma komunikasi utama bagi entitas penghubung, seperti yang didefinisikan dalam model domain.Kami menyediakan setumpuk komunikasi referensi, bersama-sama dengan wawasan tentang interaksi utama antara para pelaku dalam model domain. Kami mengembangkan tumpukan komunikasi yang sama dengan ISO OSI model 7-layer untuk jaringan, pemetaan fitur yang dibutuhkan dari model domain kepada paradigma komunikasi. Kami juga menjelaskan bagaimana skema komunikasi dapat diterapkan untuk berbagai jenis jaringan di IOT.


 TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS

Internet of Things menggunakan beberapa teknologi yang secara garis besar digabungkan menjadi satu kesatuan diantaranya sensor sebagai pembaca data, koneksi internet dengan bebarapa macam topologi jaringan,radio frequency identification(RFID),wireless sensor network dan teknologi yang terus akan bertambah sesuai dengan kebutuhan.
 Semakin berkembangan teknologi internet serta berkembangannya keperluan komunikasi data dan manusia makaakan terus muncul berbagai macam teknologi,dalam tulisan ini penulis memaparkan sejarah,teknologi dan penerapan internetof things. Dalam perkembangannya interne tof things menjadi topic penelitian yang terus bisa dilanjutkan dalam berbagai bidang seperti yang telah dipaparkan dalam tulisan ini.
Untuk penelitian  berikutnya perlu bahan studi yang lebih banyak sehingga didapatkan hasil review yang lebih lengkap meliputi  beberapa  bagian keilmuan yang menggunakan Internet of Things.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar