Rabu, 06 November 2019

INTERNET OF THE THINGS PADA SMARTPHONE DAN ANDORID


INTERNET OF THE THINGS PADA SMARTPHONE DAN ANDORID

Smarthome

Smarthome atau Rumah Pintar merupakan bagian dari inovasi Internet Of Things, dimana semua benda atau perabotan sehari – hari yang akrab dengan kehidupan masyarakat di “pintarkan” karena integrasi teknologi dalam bentuk chip yang serba bisa. Dalam hal Smarthome, Internet Of Things telah hadir dalam rupa barang – barang yang biasa ditemui di rumah orang kebanyakan.
Smarthome hadir untuk memudahkan para penghuni rumah dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan diri sebagai penghuni rumah, mulai dari soal keamanan hingga soal akses perabotan yang dibuat lebih interaktif dan bisa “dikontrol” melalui satu alat saja, yakni aplikasi pada smartphone atau perangkat lainnya.
 Android
Android adalah Sistem Operasi yang berbasis Java yang beroperasi pada Kernel Linux 2.6. Sistem Android sangat ringan dan penuh fitur. Android sendiri bukanlah bahasa pemrograman, tetapi android merupakan sebuah Environment untuk menjalankan aplikasi. Android terdiri dari 3 elemen utama yaitu Operating System, Middleware, dan Key Application. Aplikasi android dikembangkan dengan menggunakan Java dan dapat di implementasikan dengan lebih mudah ke platform yang baru. Android sudah mengeluarkan beberapa versi sampai saat ini, adapun beberapa versi dari sistem operasi android antara lain :

 Android Apple Pie
Google dan OHA merilis setidaknya ada 2 versi sebelum android beta dirilis pada November 2007. Versi Alpha memiliki codename yaitu : Astro Boy, Bender dan R2-D2. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara) pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan Email.
 Android Banana Bread
Android Beta dirilis pada tanggal 5 November 2007, sedangkan Software Development kit atau SDK telah dirilis pada tanggal 12 November 2007. Pada tanggal 5 November kemudian ditetapkan sebagai hari “Ulang Tahun”. Berikut merupakan gambar Android Banana Bread.
  Android 1.5 Cupcake
Android 1.5 Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009. Cupcake adalah versi android pertama yang menggunakan nama dari sebuah makanan pencuci mulut. Versi android Cupcake seharusnya adalah versi 1.2 dari Android namun Google telah memutuskan untuk membuat revisi yang besar serta membuatnya menjadi 1.5.  Beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini seperti kemampuan merekan dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke youtube, dan gambar langsung ke Picasa langsung dari telepon, Bluetooth A2DP support, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, Animsi layar, dan keyboard pada layar yang dapat di sesuaikan dengan sistem.

2.3.4. Android 1.6 Donut
Android 1.6 Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009. pada versi ini telah diperbaiki beberapa kesalahan reboot, perubahan pada fitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik. Donut merupakan makanan yang berbentuk cincin.
  Android 2.0/2.1 Éclair
Android 2.0/2.1 Eclair dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009. Eclair merupakan makanan penutup yang berupa kue berbentuk persegi panjang dan ada krim di tengah serta lapisan cokelat di atasnya. Perubahan yang dilakukan pada versi ini adalah pengoptimalan Hardware, pengingkatan Google Maps 3.2.1, Perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftra kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, Digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
  Android 2.2 Froyo
Android 2.2 Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Froyo merupakan makanan penutup yang berasal dari sebuah nama merk produk yang terbuat dari yoghurt. Froyo adalah yoghurt yang dingin sehingga seperti es krim. Froyo merupakan singkatan dari Frozen yoghurt. Perubahan – perubahan umumnya terhadap versi – versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, Intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, Kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market. 

 Android 2.3 Gingerbread
Android 2.3 Gingerbread dirilis pada tanggal 6 December 2010. Gingerbeard merupakan sejenis kue kering yang memiliki rasa jahe. Gingerbread biasanya dibuat pada saat perayaan libur akhir tahun di benua Amerika. Perubahan – perubahan umum yang didapat dalam android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu. 

2.3.8. Android 3.0 HoneyComb
Android 3.0 Honeycomb dirilis pada tanggal 22 February 2011. Honeycomb merupakan sereal sarapan manis yang sudah pernah dibuat tahun 1965 oleh Posting Sereal. Honeycomb atau sarang lebah, sereal ini terbuat dari beberapa potongan jagung yang kemudian dibentuk seperti sarang lebah dengan rasa madu. 

2.3.9. Android 4.0 Ice Cream Sandwitch

Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada tanggal 19 Oktober 2001. Ice cream sandwich merupakan lapisan es krim yang biasanya terdapat rasa vanila terjepit di antara dua kue cokelat, berbentuk persegi panjang. Android Versi ini merupakan keluaran pertama Android yang mempunyai fitur membuka kunci degan pengenalan wajah. Penampilan Interfacenya yang bersih dan lembut membuat user nyaman dan puas degan kualitasnya.Android Ice Cream Sandwich memiliki font yang simpel dan elegan namun cukup unik, nama font-nya adalah Roboto. Anda juga dapat mengubah ukuran widget seperti keinginan.


2.3.10. Android 4.1 Jelly Bean
Android 4.1 Jelly Bean dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Jelly bean adalah nama sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah-buahan. Ukurannya seperti kacang merah. Permen ini keras di luar namun lunak di dalam dan lengket apabila digigit. Android  versi 4.1 mempunyai fitur yang sistem operasinya telah diperbaharui seperti,  pencarian menggunakan Voice Search yang cepat, informasi cuaca yang akurat, mempunyai fitur keyboard virtual yang lebih baik, mempunyai baterai yang cukup hemat, dan lain-lain.

2.3.11. Android 4.4 Kitkat
Android 4.4 KitKat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. KitKat merupakan merk cokelat yang dikeluarkan oleh Nestle. Dalam versi ini android semakin lebih baik dan canggih, hal ini terlihat dari desain icon yang unik, fitur SMS yang terintgrasi langsung ke aplikasi Google Hangouts, navigasi status Bar degan tampilan baru, fasilitas Could Printing, Interface yang halus, mampu mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci , mendengarkan perintah suara dari Google Now.

Android 5.0 Lollipop
Android 5.0 Lollipop dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014. Lollipop merupakan sebuah permen manis dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat. Perubahan yang menonjol dalam versi  Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dengan dibangun dalam bahasa desain yang disebut sebagai "material design".  Perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses oleh pengguna dari lockscreen dan ditampilkan pada bagian atas screen. Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan untuk meningkatkan serta mengoptimalkan penggunaan baterai.


 Android 6.0 Marshmallow
Rilis 30 September 2015, Android Marshmallow menawarkan beberapa hal baru berupa Android security patch level yang diikuti keterangan tanggal, fitur akses cepat ke menu pengendaian dengan suara, Google juga memperbaiki tampilan animasi notifikasi , baterai lebih irit dengan modus “doze”, fitur Now On Tap, untuk memperbaiki kemampuan Google Now.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar