Rabu, 06 November 2019

APLIKASI IOT (INTERNET OF THINGS )

Aplikasi Internet of things
Beberapa tahun ke depan mungkin kita akan melihat bagaimana sensorsensor berkembang dan memengaruhi dunia. Akan banyak perusahaan yang menggunakan internet of things, dan ada yang mengembangkannya. Internet of things saat ini masih sangat baru dan masih bisa dikembangkan. Menurut McKinsey Global Institute, berikut ini beberapa contoh aplikasi internet of things yang telah ada dan dapat dikembangkan:

Pemantauan Jarak Jauh

Pemantauan jarak jauh adalah salah satu jenis internet of things yang paling sering ditemukan. Caranya adalah dengan meletakkan sensor pada suatu benda yang ingin kita pantau, dan sensor tersebut kita koneksikan dengan internet. Dengan demikian, kita dapat memperoleh apa saja yang kita butuhkan dari sensor, dan memantaunya dari jarak jauh dengan jaringan internet, bahkan bisa langsung kita pantau dari handphone kita 
Salah satu contohnya adalah FedEx’s SenseAware yang memungkinkan  kita  untuk memantau barang  yang kita kirim sudah sampai mana dan bagaimana kondisinya. Kita hanya perlu
meletakan paket ini kedalam paket   yang    akan     kita      kirim.Perangkat ini meliputi sensor Global Positioning System (GPS), sensor temperatur, sensor cahaya, sensor kelembaban, dan sensor tekanan udara, yang dapat memberikan kita data secara spesifik bagaimana kondisi paket yang sedang kita kirim. Perangkat ini tentu sangat bermanfaat untuk perusahaan yang memiliki supply chain yang panjang dan kompleks.

Optimasi Sistem

Selain untuk memantau, internet of things juga memungkinkan sebuah benda untuk melakukan optimasi terhadap dirinya sendiri. Benda dapat mengolah sendiri data yang diperoleh dari sensor pada dirinya, kemudian mengolah input tersebut untuk membuat keputusan. Hal ini sangat berguna bagi sistem yang sangat kompleks. Sebagai contoh di Mannheim, Jerman, sistem listrik menggunakan teknologi smart grid untuk mendeteksi apakah perbaikan yang dilakukan sudah sempurna. Kalau belum, sistem akan menyarankan pelaksanaan perbaikan yang
lebih baik lagi.

Kesehatan

Kategori internet of things ini bertujuan untuk membantu manusia memantau keadaan fisik mereka sendiri. Sistem ini membuat manusia bisa memantau kondisi kesehatannya seperti tekanan darah. Sistem ini juga bisa mengingatkan manusia untuk berolah raga atau melakukan aktivitas fisik. Selain itu, sistem ini juga bisa mengingatkan manusia untuk berobat ke dokter apabila ada kondisi fisik yang kurang baik.
Salah satu contoh dari aplikasi pintar ini adalah Nike +. Jika kita membeli sepatu merek Nike yang memiliki sensor tersebut, kita bisa menghubungkannya dengan aplikasi Nike + pada handphone kita. Aplikasi tersebut dapat mengukur kecepatan lari dan jarak tempuh yang telah kita lewati dengan sepatu yang dihubungkan. Aplikasi ini bisa mengingatkan kita untuk berolah raga, sehingga kesehatan kita akan terjaga.
Aplikasi   ini   juga     bisa pada dasar sepatu mengingatkan kapan sepatu kitakita bisa tetap maksimal dan mengurangi risiko kecelakaan saat berolah raga karena sepatu yang sudah tidak layak pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar